KARTUN DUDUL ~ a request from my brother


“Mari Ucapkan Selamat Pagi
Wujudkan Mimpimu Lagi
Semoga Hari Ini Jadi hari Yang Indah
Hal Yang Sederhana Dan Yang Apa Adanya
Bagai Cahaya Mentari
Itu Sesuatu Yang Paling Berharga”
 
Masih ada yang ingat penggalan lirik lagu diatas?, yup benar, lagu itu adalah salah satu theme song dari kartun Hunter X Hunter, kartun favorit saya dan adik saya :). Nah postingan kali ini sebenarnya adalah request dari adik saya, yang minta dibuatkan tulisan tentang kartun jadul yang biasa kami tonton bersama waktu kecil dulu (sampai sekarang juga masih sering ‘nobar’ sebenarnya hehe ;)), so  Mukadimahnya nggak perlu panjang-panjang yah, lets just check the list!

1)      Hunter X Hunter
Kartun ini menceritakan tentang petualangan Gon yang berusaha untuk mencari ayahnya yang seorang anggota hunter (tapi saya lupa namanya :p). Gon punya beberapa teman baik yaitu Leorio (pemuda berbadan jangkung, berambut spike hitam,serta menggunakan kacamata ala ‘boboho’ yang suka bercanda dan berambisi untuk menjadi dokter), Kurapika (sampai sekarangpun saya tidak yakin dia ini laki-laki atau perempuan???. Tapi diantara semua sahabat Gon, dialah yang menurut saya tingkahnya paling normal!) dan yang terakhir adalah Killua (nah, yang satu ini tokoh favorit saya, Killua merupakan anak dari keluarga pembunuh bayaran yang sangat terkenal. Dia adalah bocah laki-laki yang cuek dan suka bersikap seenaknya bahkan kadang agak sengak, tapi justru inilah sisi yang menarik dari sosok Killua)

(atas) Hunter X Hunter (bawah) Killua

2)      Kabutaku
Film robot real action paling cute pernah ada!. Si Kabu (begitu dia biasa dipanggil) bukan cuma punya penampilan yang lucu, tapi juga merupakan robot yang suka membantu, rajin beres-beres rumah dan berbelanja (walaupun kerjaanya lebih sering berbuah kekacauan heheee). Uniknya lagi, Kabu suka sekali dengan buah semangka! ( and this is the very reason I love Kabutaku, because we both love the same fruit,Watermelon!, sluuurp)

Kabutaku

3)      Let’s and Go!
Dulu waktu anime ini masih tayang di salah satu stasiun TV swasta, saya, adik dan kakak saya tidak pernah absen duduk didepan televisi untuk menonton serialnya tiap minggu pagi. Tokoh utama di kartun ini adalah dua kakak beradik Retsu dan Go, yang punya mobil mini 4WD yang super duper keren. Retsu-si kakak- memiliki sifat yang pendiam dan penuh perhitungan, mobil tamiyanya –kalau saya tidak salah- diberi nama Sonic dan warnya Merah mentereng. Si adik-Go- memiliki sifat yang betolak belakang dengan sang kakak. Saya lebih senang menggambarkannya sebagai bocah laki-laki yang punya bubbly personality, anak yang (terlalu) bersemangat, pantang menyerah, tidak bisa diam dan seringkali ceroboh. Mobil tamiya milik Retsu sendiri, dinamai Magnum (I know rite?, it’s sound like an ice cream :p) dan warnanya biru tua. Selain Retsu dan Go, ada satu tokoh lagi yang saya tidak bisa lupa, Tokochi!. Dia ini adalah bocah yang kaya raya, termasuk teman dari Retsu dan Go, dan tingkahnya kadang sangat menyebalkan, walaupun begitu ia sebenarnya baik hati serta sangat loyal pada teman-temannya :). Oh ya, Tokochi ini punya adik yang super ganjen dan suka dandan menor, tapi lagi- lagi saya lupa namanya siapa.

Let's and Go

4)      Kapten Tsubasa
Beberapa waktu yang lalu kartun ini pernah ditayangkan ulang loh!, tapi karna jadwalnya bertabrakan dengan waktu kuliah jadinya saya tidak sempat nonton, hikss. Kartun ini pertama kali saya tonton waktu masih SMP dan termasuk tontonan wajib tiap sore setelah pulang dari sekolah. Ceritanya tentang Tsubasa Ozora, seorang murid pindahan di SD nankatsu yang kemudian menjadi kapten keseblasan sepak bola untuk sekolah tersebut. Setelah dewasa Tsubasa lalu dikirim ke Brazil untuk bermain di salah satu klub sepak bola profesional yang cukup terkenal disana. Karakter favorit saya di kartun ini adalah Wakabayashi, si keeper yang punya tekhnik blocking yang luar biasa jago!(the other reasons were because he was  very cool and extremely gorgeous hehe ;))

Kapteb Tsubasa

5)      Anpanman
Setelah searching di google ternyata Anpanman itu ide awalnya memang berasal dari roti isi kacang merah, yang terkenal dengan nama Anpan. Kue ini pertama kali dibuat tahun 1875 oleh perusahaan roti Kimuraya untuk disajikan pada kaisar Meiji, dan karna konsep dasarnya mengacu pada kue Manju-kue tradisional Jepang-serta diberi berbagai macam isian, kue inipun kemudian menjadi populer di kalangan masyarakat seantero Jepang. Kata Anpanman sendiri dapat diartikan sebagai manusia Anpan (manusia roti isi kacang merah ;p). Anpanman digambarkan memiliki kepala bulat botak, pipi tembem (reddish cheeks :)), hidung bulat, dan selalu mengenakan kostum berwarna merah menyala. Tokoh-tokoh diserial ini  juga hampir semuanya dinamai berdasarkan nama makanan, contohnya Jam Ojisan (paman selai, si paman yang membuat Anpanman), Batako san (namanya berasal dari kata Butter yang kalau di-Indonesia-kan berarti mentega, Batako san ini adalah asisten dari Jam Ojisan), Chizu (berarti cheese atau keju, merupakan anjing peliharaan Jam Ojisan), Shokupanman (manusia roti tawar), Karepanman (manusia roti kare), Meronbannachan (roti melon), Rorubanna ( roll bread/roti gulung), dan Kurimubanda (roti krim). Tapi dari semua karakter yang ada di kartun ini yang paling berkesan buat saya adalah musuh si Anpanman!, namanya Kinikuman (namanya lucu ya?? Hehe). Kinikuman – sesuai namanya –digambarkan sebagai bakteri perusak makanan. Kinikuman ini badannya hitam legam dan selalu menggunakan pesawat UFO kemana-mana! ( when I was in junior high I had an enemy that I called Kinikuman, he was unbelievably annoying and he looked totally like Kinikuman, he called my best friend Panda anyway, so I guess we are even hehe ;))
(atas) Anpanman (Bawah) Kinikuman


Phewww…. So those are the cartoons that I, my sister and my brother usually watched every Sunday morning, when we were still so little and cute *self proclaimed indeed :p (even though the truth was…. I mostly watched’ em only with my  brother, but my sister will kill me if I don’t mention her on this post ;)). Sebenarnya masih banyak lagi kartun lainnya yang mau saya tulis, but I’ll just save ‘em for my next post, because this post is already too long and I don’t wanna make your eyes hurt by lookin’ at your computer monitor for too long (real excuse: I am too lazy to type :p hehe). 

P.S. : Hey Kopi Dangdut! (this is what we used to call my lil brother when he was a chubby kid :*) your ORDER is done may you like it  dut… hehe…
P.P.S. : if you don’t, then it’s mean you need too check you eye sight! :p


Comments

Post a Comment

Popular Posts