Girl, 15 Charming but Insane (Dicari Gebetan Super Keren) by SUE LIMB



Sinopsis buku:

Aku cewek, 15 tahun, menarik tapi sinting, punya 70 bercak yang harus diobati, rambut gelap berminyak, imajinasi cenderung melayang nggak terkendali, suka banget novel Jane Austen, punya ibu eksentrik yang nggak bakal ngizinin aku punya pacar sampe kapan pun, nenek yang terobsesi dengan pembunuhan dan tragedi, dan kepingin jadi komedian. Aku mencari cowok kayak dewa dengan rambut spike berwarna emas, mata sebiru kolam renang, dan senyuman yang bisa melelehkan es di Antartika (Ben Jones, pastinya). Nggak mau yang fanatik sepak bola, cowok culun pecinta komputer, atau cowok pecandu kekerasan di TV.”


Saya membaca buku ini berbulan-bulan yang lalu tapi kesannya tidak pernah benar-benar hilang dari ingatan saya. Beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke toko buku (utopia saya :)), saya melihat lagi buku ini dan agak kaget karna sebenarnya buku ini terbitan tahun 2008!, dan saat itu saya pikir kenapa saya tidak membuat reviewnya?, sekedar untuk pengingat buat diri saya sendiri. Dan voila…jadilah tulisan ini.

Novel karangan Sue Limb ini, pada dasarnya menceritakan kehidupan seorang gadis 15 tahun bernama Jess Jordan yang tergila-gila pada pangeran sekolah-Ben Jones, yang digambarkan Jess sebagai perpaduan sempurna antara Leonardo diCaprio, Pangeran William, dan Brad Pitt!. Jess sendiri, sama seperti kebanyakan gadis remaja seusianya, mengalami krisis kepercayaan diri. Menurut jess dirinya sama sekali tidak bisa dikatakan menarik, dia punya 70 bintik di wajahnya (yang semuanya patut dikhawatirkan), bokong yang digambarkannya sebagai jajaran pegunungan tinggi, namun sayang dadanya lebih menyerupai dataran rendah (she name ‘em Bony and Clyde! , and even talk to ‘em, try to persuade ‘em to grow bigger haha :)). Jess memiliki seorang sahabat bernama Flora yang menurutnya sangat sempurna dengan wajah yang luar biasa cantik, rambut pirang sempurna, kaya raya, dan sangat cerdas. Selain Flora, Jess juga punya seorang sahabat lainnya bernama Fred, cowok yang pintar (jenius komik-menurut Flora) yang selalu dapat ia andalkan, tapi sayangnya Fred punya rambut yang tatanannya sangat jelek (according to jess, and she always tell him to change it). 

Kehidupan keluarga Jess juga tak kalah unik, ia tinggal bersama ibunya yang seorang librarian dan juga aktivis wanita garis keras, serta neneknya yang punya ketertarikan aneh pada peristiwa pembunuhan berdarah dan hal-hal mengerikan lainnya yang bisa ia akses lewat TV. Ayah jess sendiri hidup terpisah dari mereka, dan merupakan seorang seniman yang memiliki kecenderungan menderita Hypochondriasis (suatu kelainan psikologis, dimana pengidapnya selalu merasa bahwa dirinya sakit, yang tidak berdasarkan pada kenyataan).
Buku ini adalah salah satu buku terjemahan terbaik yang pernah saya baca and if you are looking for a comedy book then I strongly suggest you to read this one!. Saya beberapa kali membaca  ebook buku berbahasa inggris yang lucu tapi begitu membeli buku versi bahasa indonesianya, saya harus kecewa karna terjemahannya kacau dan humornya jadi garing. Tapi penerjemahan buku Girl, 15 Charming but Insane ini, harus saya akui sangat bagus!. Penerjemahnya mampu menerjemahkan lelucon (yang agak sarkastik) di buku ini tanpa kehilangan kesan lucunya, and I think it’s definitely not an easy thing(speaking matter of factly).

Buku ini memang jenis bacaan teenlit yang ringan dan segar karna humor barbau sarkastik yang ditampilkan penulisnya, tapi walaupun begitu tetap saja ada hal yang bisa dipelajari di buku ini. Lewat buku ini saya jadi belajar bahwa mungkin rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau,  tapi percayalah kita bukan satu-satunya yang berpikiran demikian, mungkin tetangga kita malah berpendapat sebaliknya. Saya lalu teringat kutipan kalimat yang pernah saya baca dulu “maybe the only  one who is perfect enough is the one that we don’t know very well” and maybe that’s the truth, so why we keep complaining? It's a  perfect time to start accepting,  live the life the way it is and be grateful :)

Comments

Post a Comment

Popular Posts